Jumat, 21 Februari 2014

Pelatihan IB (Smart Card)



1
     Smart card



               Smart card adalah sebuah chip yang di gunakan untuk menyimpan data, selain untuk menyimpan data chip ini juga dapat di gunakan untuk menyimpan dan mentransaksi data. Chip terbuat dari polyvinyl choloride. Smart card tidak mempunyai daya , tampilan , atau keyboard untuk berkomunikasi dengan dunia luar .
    
   Smart card dapat di kategorikan menjadi kartu memori dan kartu mikroprosessor, smart card dapat juga di katakan kartu contact dan kartu contactless berdasarkan pada perbedaan cara pengaksesan kartu.
   Pembuat pertama kali teknologi awal smart card adalah orang Jepang bernama Kunitaka Arimura pada tahun 1970 , Dia memantenkan ciptaannya yang hanya terbatas penggunaannya hanya di Jepang saja, dan pembuatannya harus dengan lisensi Arimura.
Smart card sering di sebut sebagai chip card atau integrated circuit card . definisi chip card sendiri yaitu kategori umum yang mencangkup smart card dan memory card.
1. Memory Card                                                                   
Smart card yang paling sederhana. Kartu ini hanya mengandung memory circuit yang dapat diakses melalui kontak dengan synchronous protocol. Dalam memory itu terdapat protected area yang hanya bisa diakses jika menerima kode keamanan tertentu. Ada juga pembatasan jika ada aplikasi luar yang ingin mengakses memory
2. Microprocessor Card
Smart card ini mempunyai memory circuit dan microprocessor dalam satu chip. Semua akses ke kartu akan melalui microprocessor. Datanya sendiri baru bisa diakses jika telah melewati semacam security logic.
3. Contact Card
Kartu ini merupakan versi awal dari smart card yang beredar di Eropa. Kartu ini adalah smart card yang mempunyai contact chip. Kartu ini harus dimasukkan ke reader untuk melakukan transaksi atau menyampaikan informasi dari kartu ke reader. Kekurangannya adalah:
- Titik contact-nya dapat rusak karena sering digunakan, reader yang jelek, atau tergesek di kantong,
- Ujung microcircuit dapat rusak jika kartu bengkok atau ditekan terlalu keras.
sekian dari saya ALFIYATUNIMAH semoga bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar